Senin, 12 Des 2022, 18:21:14 WIB, 590 View Administrator, Kategori : Informasi Publik

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma menerima 3 penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat dalam Anugerah Keterbukaan Informasi publik di Hotel Truntum Padang, Senin (12/12/2022).

Pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang mengangkat tema "Sumbar Pulih, Bangkit, Madani, dan Kreatif menjadikan Badan Publik Informatif" LLDIKTI Wilayah X merupakan salah satu badan publik di Provinsi Sumatera Barat yang memperoleh predikat informatif.

Selanjutnya, pada kategori badan publik instansi vertikal, LLDIKTI Wilayah X meraih terbaik 2 dalam implementasi keterbukaan informasi publik.

Tidak hanya itu, Afdalisma pun terpilih menjadi tokoh yang berperan dalam keterbukaan informasi publik "Achievement Motivation Person" oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat.

Anugerah Keterbukaan Informasi yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh badan publik kategori pemerintahan kabupaten/kota, organisasi perangkat daerah provinsi, instansi vertikal, KPU kabupaten/kota, Bawaslu kabupaten/kota, pemerintahan nagari/desa, BLUD/BUMD/BUMNag/BUMDes, SMA/SMK/MA, dan PTS.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan informasi yang disajikan harus merupakan informasi yang berkualitas dari sumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

"UU  Nomor 14 tahun 2008 mengamanatkan badan publik untuk membuka informasi publik seluas-luasnya dan itu menjadi kewajiban sebagai lembaga penyelenggara negara. Untuk itu, mari keterbukaan informasi yang dibangun bersama hari ini menjadi suatu hal yang positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Mahyeldi.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat Noval Wiska dalam sambutannya menyampaikan menemukan banyak praktik positif dalam keterbukaan informasi.

"Ada inovasi e-monev yang sudah kami lakukan. KI berupaya memastikan praktik keterbukaan informasi dan mendorong badan publik semakin terbuka, membuka diri, dan semakin transparan," ucap Noval. (*)